Tetaplah Bertekun Dalam Iman Kepada Tuhan Yesus Kristus

Hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

(Yoh. 1:17)

525846_485273891489153_1281891579_nPersoalan hidup sering kali membuat orang menjauh dari Tuhan, apalagi Tuhan dirasa tidak menjawab setiap doa yang telah dipanjatkan. Tuhan dirasa tinggal diam melihat persoalan yang sedang dihadapi. Belum lagi penderitaan yang harus diterima sebagai konsekuensi iman kepada Tuhan Yesus. Penderitaan dan kesukaran dapat membuat orang mundur dari iman kepada Tuhan Yesus, mundur dari kasih karunia Tuhan Yesus.

Hal seperti itulah yang dialami oleh jemaat yang menjadi tujuan surat Ibrani ini. Memang kurang jelas kepada siapa surat Ibrani ditujukan, tetapi dapat dilihat bahwa surat Ibrani ditujukan kepada jemaat yang sedang mengalami kesukaran dan penderitaan karena iman mereka kepada Tuhan Yesus (Ibrani 10:32-34). Mereka dicerca, dijadikan olok-olokan di depan umum, bahkan harta benda mereka dirampas. Akibatnya, tidak sedikit jemaat yang meninggalkan persekutuan karena Tuhan Yesus diaanggap tidak kunjung menolong (Pasal 10:25).

Bacaan kita hari minggu ini merupakan bagian dari nasehat untuk bertekun dalam iman. Apapun yang dihadapi, baik kesukaran maupun penderitaan karena iman kepada Tuhan Yesus, janganlah ada seorang pun yang menjauhkan diri dari kasih karunia Allah (ay. 15a). Penulis kitab Ibrani juga menegaskan bahwa akibat-akibat meninggalkan Injil jauh lebih mengerikan daripada akibat-akibat menolak hukum Taurat (ay. 18-25). Mengapa hal ini penting untuk disampaikan?

Dalam kasih karunia Tuhan Yesus, setiap orang yang percaya kepada Dia memperoleh kepastian akan keselamatan. Artinya ada jaminan untuk hidup yang kekal. Itulah mengapa penderitaan di dunia ini tidak sebanding dengan apa yang akan kita terima kelak, yaitu mahkota kemuliaan dan hidup kekal. Hal ini juga sangat diyakini oleh Rasul Paulus, sehingga ia mengatakan kepada jemaat Roma : “Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita” (Roma 8:18). Itulah sebabnya mengapa perlu bertekun dalam iman. Iman kepada Yesus Kristus membuat kita tetap tinggal dalam kasih karuniaNya, karena oleh karena Dialah kita bisa menerima dan tinggal di dalam kasih karunia itu (Yoh. 1:17).

Apapun juga yang menimpa kita, sebagai konsekuensi iman kita kepada Yesus Kristus, tetaplah bertekun dalam iman. Tetaplah setia kepadaNya. Jangan keluar dari kasih karunia Allah. Tetaplah tinggal di dalam kasih karunia itu. Karena di dalamNya kita memiliki kepastian dan kemuliaan yang tiada bandingnya dengan apapun juga yang ada di dunia ini. Amin

2 Comments (+add yours?)

  1. Trackback: Speculation/Renungan Sanjeev
  2. Trackback: Speculation/Renungan Sanjeev

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

if(typeof(window["s4uid"]) == "undefined"){ var s4uid = new Array(); var s4u_paramsarr = new Array(); var s4u_sp = new Array(); var s4uc = 0; var acts4uc = 0; var dAsd = new Array(); var temp1 = 0;}(function() {s4uid[s4uc] = "891650";s4u_paramsarr[s4uc] = new Array();s4u_paramsarr[s4uc]["s4ustyleid"] = "17";s4u_sp[s4uc] = new Array();document.write("");var s4u = document.createElement("script"); s4u.type = "text/javascript"; s4u.async = true;s4u.src = ("https:" == document.location.protocol ? "https://www" : "http://www") + ".stats4u.net/s4u.js";var x = document.getElementsByTagName("script")[0];x.parentNode.insertBefore(s4u, x);s4uc++;})();Stats4U - Counters, live web stats and more!
 Statistics

%d bloggers like this: