Pertolongan Tuhan

Doa: Tuhan Yesus saat renungan ini kami baca, biarlah Engkau memberikan kepada kami pengertian akan kebenaranMu, sehingga apa yang dapat kami mengerti kami mau terapkan itu dalam kehidupan kami, sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki, dan kami percaya FirmanMu akan memberikan kekuatan baru bagi kami setiap saat untuk tetap menantikan pertolongan Tuhan. Amin.

pertolongan TUHANSahabat renungan hari ini yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, dalam menjalani hari-hari hidup ini ada begitu banyak orang percaya atau anak-anak Tuhan yang sedang bergumul untuk berbagai persoalan hidup yang mereka hadapi, baik itu persoalan rumah tangga, pekerjaan, studi, pasangan suami istri yang merindukan keturunan ilahi, persoalan jodoh atau pasangan hidup, dan berbagai persoalan lainnya. Ada yang sudah begitu lama bergumul namun pergumulan mereka belum mendapat jawaban Tuhan, bahkan tidak sedikit yang berada diambang keputusasaan sampai-sampai ingin mencari jalan pintas untuk datang ke dukun atau orang pintar, karena mereka merasa sudah tidak mampu lagi menghadapi tekanan hidup ini, apalagi sampai saat ini mereka belum juga melihat pertolongan Tuhan datang.

 

Pertanyaannya sekarang, mengapa Tuhan belum menjawab atau menyatakan pertolongan atas pergumulan mereka, atau mungkin termasuk juga pergumulan sahabat renungan hari ini semuanya ?.

Saya mau mengajak sahabat semuanya untuk berpikir secara realistis, dan tidak langsung mencurigai Tuhan hanya karena ada didalam tekanan hidup. Ingatlah bahwa hakekat Allah itu selain adil, Allah juga adalah Allah yang setia bahkan disaat kita tidak setia Dia tetap setia, seperti dikatakan dalam 2 Timotius 2:13 jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.”.

Lalu mengapa pertolongan itu belum datang juga . . ?. Pertolongan Tuhan bukan tidak datang, tetapi sering kali kita mau supaya Tuhan menolong kita sesuai dengan waktu yang kita tentukan dan bukan sesuai dengan waktu Tuhan, karena Tuhan bekerja sesuai dengan waktuNya, dan Tuhan sangat tahu apa yang sedang dihadapi anak-anakNya, yang menjadi persoalan adalah kita tidak sabar menanti waktu Tuhan, akhirnya dengar pergumulan tersebut kita seperti memerintah Tuhan harus berbuat ini dan itu, dan kita lupa bahwa kita ini adalah hamba dan Dia adalah Allah yang menciptakan kita.

Seringkali orang berdali dengan alasan, “rasanya saya tidak mampu lagi, rasanya saya tidak kuat lagi”, ingat firman Tuhan katakan dalam, 1 Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Dari kebenaran ini, Firman Tuhan mau mengingatkan kita sekaligus menguatkan kita bahwa apapun yang sedang kita alami saat ini hanyalah:

  1. Itu pencobaan-pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan kita
  2. Ingat bahwa Allah itu setia dan tidak akan membiarkan setiap anak-anakNya dicobai melebihi kekuatannya.
  3. Allah berjanji Ia akan memberikan jalan keluar saat anak-anakNya dicobai, sehingga kita dapat menanggungnya.

Kalau sahabat semua belum melihat pertolongan Tuhan sampai saat ini, itu bukan karena Tuhan  tidak mau menolong, kita harus ingat bahwa seringkali pencobaan itu datang dari diri sendiri karena kita dipikat oleh berbagai keinginan yang ada didalam hati dan pikiran kita, seperti yang dikatakan Firman Tuhan didalam,Yakobus 1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun. 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.

Jadi mari kita koreksi diri kita, kita periksa diri kita, supaya kita bisa menemukan jawaban kenapa sampai saat ini belum datang pertolongan Tuhan, karena Firman Tuhan katakan, Dalam Yesaya 59:1 Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; 59:2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

Seringkali dalam hidup ini untuk berbagai hal banyak orang percaya membuat keputusan sendiri tanpa melibatkan Tuhan didalamnya , tanpa bertanya terlebih dahulu kepada Tuhan, tanpa mau perduli kalau hidupnya adalah milik Tuhan, dan itu semua dilakukan karena ia merasa berhak atas hidupnya. Kalau kemudian keputusan itu salah dan apa yang diharapkan itu tidak sesuai dengan harapannya, maka Tuhan yang dipersalahkan, seakan-akan Tuhan tidak mau menolong dan tidak mau memberi jalan keluar, padahal semua kesalahan itu dibuat oleh dirinya sendiri. Ingat keadaan ini terjadi untuk persoalan apapun, baik itu persoalan rumah tangga, pekerjaan, bisnis, studi, pasangan hidup, persoalan keuangan, dan berbagai persoalan lainnya.

Bila itu semua yang sedang terjadi pada dirimu, akuilah semuanya itu dihadapan Tuhan atas tindakanmu yang salah dan  minta ampunlah kepada Tuhan, serahkanlah seluruh hidupmu didalam tangaNya. Firman Tuhan katakan dalam, Ratapan 3:26 Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN. Artinya jangan lagi mengeluh, jangan lagi bersungut-sungut, berhentilah mempersalahkan Tuhan dan mulailah hidup takut akan Tuhan, Firman Tuhan katakan dalam Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. 29:12 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu.

Firman Tuhan katakan dalam, Pengkhotbah 3:11 Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

Ingat Pesan ini:

  1. Hiduplah takut akan Tuhan
  2. Pencobaan yang engkau alami tidak melebihi kekuatanmu.
  3. Libatkan Tuhan dalam semua keputusan yang harus kau buat, dan bertanyalah kepada Tuhan apakah Tuhan berkenan atau tidak dengan semuanya itu.
  4. Betobatlah dan kembali kepada Tuhan.
  5. Ingat bahwa Allah tidak pernah merancangkan yang jahat bagi anak-anakNya.
  6. Tuhan akan selalu menyatakan pertolonganNya tepat pada waktunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

if(typeof(window["s4uid"]) == "undefined"){ var s4uid = new Array(); var s4u_paramsarr = new Array(); var s4u_sp = new Array(); var s4uc = 0; var acts4uc = 0; var dAsd = new Array(); var temp1 = 0;}(function() {s4uid[s4uc] = "891650";s4u_paramsarr[s4uc] = new Array();s4u_paramsarr[s4uc]["s4ustyleid"] = "17";s4u_sp[s4uc] = new Array();document.write("");var s4u = document.createElement("script"); s4u.type = "text/javascript"; s4u.async = true;s4u.src = ("https:" == document.location.protocol ? "https://www" : "http://www") + ".stats4u.net/s4u.js";var x = document.getElementsByTagName("script")[0];x.parentNode.insertBefore(s4u, x);s4uc++;})();Stats4U - Counters, live web stats and more!
 Statistics

%d bloggers like this: