Karya Allah

Sepeninggal Yefta, Tuhan masih memilih orang-orang untuk menjadi hakim atas umat-Nya. Ada Ebzan dari Betlehem, yang memerintah selama tujuh tahun (8-10). Ebzan tercatat memiliki tiga puluh anak laki-aki dan tiga puluh anak perempuan. Jumlah anak yang begitu banyak merupakan indikasi tentang kekayaan dan posisinya di dalam masyarakat.

Setelah pelayanan Ebzan sebagai hakim Israel selesai, tampillah Elon -orang Zebulon- menggantikan Ebzan. Elon memerintah selama sepuluh tahun (11-12). Sebagai pengganti Elon, muncullah Abdon bin Hilel, orang Piraton. Abdon memiliki empat puluh anak laki-laki dan tiga puluh cucu laki-laki. Bahkan disebutkan bahwa mereka masing-masing mengendarai keledai jantan. Ini menunjukkan bahwa Abdon dan keluarganya memiliki kehidupan yang enak. Kekayaan keluarga Abdon juga menggambarkan bahwa negeri mereka berada dalam situasi tenteram, tanpa ada gangguan musuh, selama Abdon menjadi hakim. Abdon memerintah orang Israel selama delapan tahun (13-15).

525846_485273891489153_1281891579_nTidak banyak yang dapat kita ketahui tentang ketiga hakim ini. Mungkin karena tidak ada peristiwa-peristiwa istimewa dalam pemerintahan mereka. Namun selama mereka memerintah, ada kedamaian di tanah Israel. Baru dalam pasal berikutlah kita menemukan kisah tentang Israel yang berdosa terhadap Tuhan dan kemudian dihukum.

Keamanan negeri selama masa kerja ketiga hakim itu sedikit banyak menunjukkan kemampuan mereka sebagai hakim dalam menghindari perpecahan dan menjaga keutuhan bangsa. Walaupun tidak ada catatan khusus mengenai Tuhan dan karya-Nya selama masa kerja ketiga hakim itu, tak dapat dipungkiri bahwa terciptanya keamanan dan kesejahteraan di dalam negeri sesungguhnya terjadi karena perlindungan Allah semata.

Allah berkarya bukan hanya dalam masa perang, tetapi juga dalam masa damai. Dalam situasi aman dan tenteram, bukan berarti Allah tinggal diam. Maka tetaplah hidup dan berkarya bagi Allah dalam segala situasi, karena Allah pun tetap berkarya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

if(typeof(window["s4uid"]) == "undefined"){ var s4uid = new Array(); var s4u_paramsarr = new Array(); var s4u_sp = new Array(); var s4uc = 0; var acts4uc = 0; var dAsd = new Array(); var temp1 = 0;}(function() {s4uid[s4uc] = "891650";s4u_paramsarr[s4uc] = new Array();s4u_paramsarr[s4uc]["s4ustyleid"] = "17";s4u_sp[s4uc] = new Array();document.write("");var s4u = document.createElement("script"); s4u.type = "text/javascript"; s4u.async = true;s4u.src = ("https:" == document.location.protocol ? "https://www" : "http://www") + ".stats4u.net/s4u.js";var x = document.getElementsByTagName("script")[0];x.parentNode.insertBefore(s4u, x);s4uc++;})();Stats4U - Counters, live web stats and more!
 Statistics

%d bloggers like this: