Persahabatan Sejati

Persahabatan sejati termasuk kesetiaan. Ada dalam Alkitab, Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran (Amsal 17:17).

Sahabat terbaik untuk dimiliki ialah Yesus. Ada dalam Alkitab, Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku (Yohanes 15:15).

Pilihlah teman-teman yang mengasihi Tuhan dan memiliki hati yang murni. Ada dalam Alkitab, Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni (2 Timotius 2:22).

Apakah ciri-ciri seorang sahabat yang baik? Ada dalam Alkitab,Dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga (Filipi 2:3-4).

Gosip dapat merusak persahabatan. Ada dalam Alkitab,Orang yang curang menimbulkan pertengkaran, dan seorang pemfitnah menceraikan sahabat yang karib (Amsal 16:28). Gosip memisahkan teman-teman akrab (NIV).

Persahabatan harus dipelihara. Ada dalam Alkitab,Jangan kautinggalkan temanmu dan teman ayahmu. Jangan datang di rumah saudaramu pada waktu engkau malang. Lebih baik tetangga yang dekat dari pada saudara yang jauh. Anakku, hendaklah engkau bijak, sukakanlah hatiku, supaya aku dapat menjawab orang yang mencela aku (Amsal 27:9-10).

Seorang sangat ingin bersikap jujur kepada anda walaupun menyakiti hati. Ada dalam Alkitab, Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah (Amsal 27:6).

sahabat_SejatiSaat ini susah sekali untuk mendapatkan persahabatan yang sejati dan sehat. Dengan semakin majunya zaman, persaingan semakin ketat, hidup semakin susah, orang-orang cenderung lebih bersifat individualistis dan mementingkan diri sendiri. Itu sebabnya muncul slogan-slogan hidup seperti:

EGP atau Emang Gue Pikirin, atau Elo-elo gua-gua, atau Ini hidup, hidup gue, duit juga duit gue, mau diapain ya terserah gue.

Dan segudang sikap mementingkan diri sendiri yang memupus nilai-nilai persahabatan yang sehat.

Puji Tuhan, Alkitab memberikan banyak sekali contoh persahabatan yang sehat yang memang diperlukan oleh manusia dan juga banyak ayat-ayat yang berhubungan dengan persahabatan. Manusia sering kali disebut sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Manusia memerlukan teman! Itulah sebabnya sejak dari awal Tuhan sudah meletakkan dasar kasih kepada Tuhan dan sesama sebagai landasan hidup manusia.

Secara khusus, kita dapat belajar dari persahabatan yang sehat antara Yohatan dan Daud, yang sering kali dipakai secara salah untuk melegalkan hubungan sesama jenis. Persahabatan yang sehat dapat terjadi antara sesama pria, sesama wanita ataupun antara pria dan wanita. Ini adalah hubungan persahabatan dan bukan hubungan pernikahan. Hubungan pernikahan sudah sangat jelas adalah hanya antara pria dan wanita, seperti terlihat dari awalnya bahwa Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, bukan Adam dan Steve dan juga bukan Hawa dan Hani. Salah satu contoh persahabatan yang sehat dari Alkitab adalah persahabatan antara Yonatan dan Daud dalam kitab 1 dan 2 Samuel. Karakteristik persahabatan yang sehat juga kita temui di dalam Yesus dengan perlakuan-Nya terhadap kita, sahabat-sahabat-Nya.

Di dalam 1 Samuel 18:1-4 kita membaca, “Ketika Daud habis berbicara kepada Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri. Pada hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rumah ayahnya. Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri. Yonatan menanggalkan jubbah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya.

Dari ayat di atas dan dari ayat-ayat lainnya nanti, kita bisa melihat beberapa unsur penting yang harus ada di dalam persahabatan yang sehat, seperti yang ada pada persahabatan antara Yonatan dan Daud.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

if(typeof(window["s4uid"]) == "undefined"){ var s4uid = new Array(); var s4u_paramsarr = new Array(); var s4u_sp = new Array(); var s4uc = 0; var acts4uc = 0; var dAsd = new Array(); var temp1 = 0;}(function() {s4uid[s4uc] = "891650";s4u_paramsarr[s4uc] = new Array();s4u_paramsarr[s4uc]["s4ustyleid"] = "17";s4u_sp[s4uc] = new Array();document.write("");var s4u = document.createElement("script"); s4u.type = "text/javascript"; s4u.async = true;s4u.src = ("https:" == document.location.protocol ? "https://www" : "http://www") + ".stats4u.net/s4u.js";var x = document.getElementsByTagName("script")[0];x.parentNode.insertBefore(s4u, x);s4uc++;})();Stats4U - Counters, live web stats and more!
 Statistics

%d bloggers like this: