Saat Roh Kudus Tercurah

Roh-Kudus-UB12345Menurut Kis 1:8, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Apa yang akan Tuhan kerjakan dan apa yang harus kita lakukan? Bagian Tuhan adalah mencurahkan kuasa Roh Kudus dan bagian kita menjadi saksi Kristus.

Sebelum hal itu terjadi, bagian kita adalah menjadi saksi. Jika Roh Kudus sudah dicurahkan, maka kita akan menerima kuasa dari Allah. Dengan dicurahkan Roh Kudus, berarti  kita punya :  

1.       Kuasa  untuk Berbahasa Roh (Roma 8:26)

Dengan berbahasa roh, kita punya banyak keuntungan seperti membangun diri sendiri, membantu roh kita untuk berdoa apa yang tidak kita ketahui.  

2.       Tanda dan Mujizat yang Luar Biasa (Yoh 11:25)

Ketika Roh Kudus dicurahkan, murid-murid Yesus dipakai secara luar biasa. Petrus dan Yohanes dengan kuasa Roh Kudus mampu menyembuhkan orang lumpuh. Bahkan bayangannya pun penuh kuasa. Mujizat-mujizat seperti itu masih terjadi sampai sekarang ini.  

3.       Bisa Melakukan Penginjilan di Tengah Penganiayaan (Kis 8:1b dan 4)

Saat rasul-rasul dimasukkan dalam penjara karena keberanian mereka dalam bersaksi, Puji Tuhan, kuasa Roh Kudus dinyatakan dengan cara mereka dilepaskan dari belenggu dan rantai penjara. Apa yang terjadi? Penjara goncang, mereka bebas. Setelah itu penganiayaan atas jemaat Tuhan terjadi. Mereka lari ke segala penjuru sambil memberitakan Injil. Mau menjadi saksi Yesus yang efektif? Hadapi tekanan-tekanan dan penganiayaan.  Justru di tengah kesulitan dan hambatan dalam memberitakan Injil kalau kita tetap setia, maka hasilnya akan maksimal. Multiplikasi jiwa sedang terjadi bagi gereja-Nya. Usahakanlah kesejahteraan kota, berdoalah untuk kota dimana kita berada, sebab kesejahteraan kota adalah kesejahteraan kita juga. Kita harus berdampak bagi lingkungan sekitar kita.

4.       Perubahan Gaya Hidup Jemaat (Kis 4:34-35)

Melalui pencurahan Roh Kudus, para murid bertekun dalam doa, pengajaran rasul-rasul, serta memecahkan roti bersama-sama dengan gembira dan tulus hati. Ini yang Tuhan mau untuk kita lakukan. Ini adalah ciri-ciri penting pada waktu Roh Kudus dicurahkan.

5.       Perubahan Paradigma dalam Pelayanan (Kis 10:9-16)

Saat itu para murid memiliki paradigma bahwa keselamatan hanya diperuntukkan bagi bangsa Yahudi saja. Tetapi melalui pencurahan Roh Kudus, paradigma mereka diubahkan. Keselamatan adalah milik segala bangsa di muka bumi ini. Petrus mendapatkan penglihatan tentang makanan-makanan yang menurut dia haram, tetapi Tuhan suruh memakannya. Dan ketika Petrus taat, seorang Kornelius yang bukan Yahudi dimenangkan lalu percaya kepada Yesus.

Pencurahan Roh Kudus membuat kita berubah dan melakukan hal-hal yang berkenan di hati Tuhan. Roh Kudus memampukan kita untuk melakukan pekerjaan Tuhan. Karena itu, nantikanlah Roh Kudus, dan biarkanlah Dia bekerja di dalam hidupmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

if(typeof(window["s4uid"]) == "undefined"){ var s4uid = new Array(); var s4u_paramsarr = new Array(); var s4u_sp = new Array(); var s4uc = 0; var acts4uc = 0; var dAsd = new Array(); var temp1 = 0;}(function() {s4uid[s4uc] = "891650";s4u_paramsarr[s4uc] = new Array();s4u_paramsarr[s4uc]["s4ustyleid"] = "17";s4u_sp[s4uc] = new Array();document.write("");var s4u = document.createElement("script"); s4u.type = "text/javascript"; s4u.async = true;s4u.src = ("https:" == document.location.protocol ? "https://www" : "http://www") + ".stats4u.net/s4u.js";var x = document.getElementsByTagName("script")[0];x.parentNode.insertBefore(s4u, x);s4uc++;})();Stats4U - Counters, live web stats and more!
 Statistics

%d bloggers like this: