Doa Imam Besar Agung { Yohanes 17:1-26}

padne_42zc7urnInjil Yohanes pasal 13-16 berisikan pengajaran-pengajaran Tuhan Yesus. Pasal 17 adalah tentang doa Tuhan Yesus. Pasal 18 mencatat tentang Tuhan Yesus yang merelakan dan menyerahkan dirinya untuk ditangkap dan disalibkan.

Keseluruhan Yohanes pasal 17 bersikan doa Tuhan Yesus yang penuh perencanaan, pengharapan dan kemenangan karena Ia telah mengalahkan dunia (16:33 yaitu ayat terakhir sebelum pasal 17). Doa Tuhan Yesus itu terdiri dari 3 bagian, yaitu: 1) Tuhan Yesus berdoa untuk dirinya sendiri (ayat 1-5); 2) Tuhan Yesus berdoa untuk orang percaya di zaman Tuhan Yesus (ayat 6-9); dan 3) Tuhan Yesus berdoa untuk orang percaya/murid-murid Tuhan Yesus di masa yang akan datang karena para Rasul memberitakan Injil (ayat 20-26).

Isi doa Tuhan Yesus di Yohanes 17 dapat disingkat menjadi 7 K , yaitu:

1. Kawal artinya Ia minta Bapa menjaga orang-orang percaya dari si jahat/kejahatan (ayat 11).Nama Tuhan dapat menjaga kita. Dapat dibaca di Mazmur 20:2 dan Amsal 18:10.

2. Karuniakan hidup kekal , suka cita dan kemulian (ayat 2 dan 13). Roma 3:23 mengatakan kita semua berdosa sudah kehilangan kemuliaan Allah, oleh sebab itu kita perlu kemuliaan Tuhan yang akan kita peroleh pada kedatangan Tuhan Yesus yang ke 2 kali.jesus_christ_.gif_480_480_0_64000_0_1_0

3. Keluarkan mereka dari kegelapan, pindahkan ke dalam terang kebenaran (ayat 15). Sifat lama kita harus dikeluarkan dan hanya Tuhan yang bisa melepaskannya.

4. Kuduskanlah mereka dengan firman-Mu (ayat 17). Yang dapat menguduskan kita adalah Allah Bapa, bimbingan Roh Kudus, darah Tuhan Yesus dan Firman Tuhan.

5. Kumpulkanlah dan satukanlah mereka didalam kebenaran, kasih dan pelayanan. (ayat 21). Persatuan yang dimaksud di sini adalah persatuan yang berdasarkan kebenaran. Gereja yang berbeda doktrin tidak mungkin bisa bersatu. Pada tahun 1997, di Amerika pemimpin Khatolik dan Protestan meyerukan persatuan yang jelas adalah salah karena Khatolik dan Protestan tidak mungkin bersatu.

6. Kawanilah/Komunitaskan mereka atau bersekutulah dengan mereka (ayat 24). Yang dimaksud di sini adalah persekutuan/koinonia dimana Allah ingin bersekutu dengan kita.

7. Kenyangkanlah atau puaskanlah mereka dengan kemuliaan (ayat 22 dan 24). Manusia yang telah kehilangan kemuliaan hanya dapat puas sempurna setelah melihat kemuliaan Allah.

Untuk siapa Tuhan Yesus berdoa? Kata “mereka” yang dimaksud di Yohanes 17 adalah mereka yang dapat disingkat menjadi “HAMBAKU,” yaitu:

1. Mereka yang di-Hadiahkan Allah bapa kepada Allah Putra (ayat 6).

2. Mereka yang di-Atur untuk tinggal di dunia sebagai saksi (ayat 11).

3. Mereka yang di-Miliki Allah ukan dimiliki dunia (ayat 14).

4. Mereka yangdi-Benci oleh dunia (ayat 14).

5. Mereka yang di-Amankan (dipelihara/dijaga) oleh Allah (ayat 15).

6. Mereka yang di-Kenal oleh dunia karena kebenaran dan saling mengasihi (ayat 23).

7. Mereka yang di-Utus oleh Kristus sebagai missionary di bumi (ayat 18) yaitu di rumah, tetangga dan tempat yang jauh seperti Rasul Paulus

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: Doa Imam Besar Agung { Yohanes 17:1-26} | Speculation/Renungan Sanjeev

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

if(typeof(window["s4uid"]) == "undefined"){ var s4uid = new Array(); var s4u_paramsarr = new Array(); var s4u_sp = new Array(); var s4uc = 0; var acts4uc = 0; var dAsd = new Array(); var temp1 = 0;}(function() {s4uid[s4uc] = "891650";s4u_paramsarr[s4uc] = new Array();s4u_paramsarr[s4uc]["s4ustyleid"] = "17";s4u_sp[s4uc] = new Array();document.write("");var s4u = document.createElement("script"); s4u.type = "text/javascript"; s4u.async = true;s4u.src = ("https:" == document.location.protocol ? "https://www" : "http://www") + ".stats4u.net/s4u.js";var x = document.getElementsByTagName("script")[0];x.parentNode.insertBefore(s4u, x);s4uc++;})();Stats4U - Counters, live web stats and more!
 Statistics

%d bloggers like this: