Kesatuan ada berkat Tuhan

Kesatuan orang percaya didalam Kristus begitu penting, sehingga Kitab Perjanjian Baru memberikan lebih banyak perhatian untuk hal ini dibandingkan sorga ataupun neraka. Menjaga kesatuan kita didalam Kristus berarti juga menjaga kesatuan gereja, komunitas persekutuan kita. Dimata Tuhan hal ini penting, karena kesatuan adalah jiwa persekutuan yang merupakan hakekat dan inti dari kehidupan bersama didalam Kristus.keluarga kristen
Mengapa orang percaya perlu memelihara kesatuan?
Karena memelihara kesatuan adalah perintah Tuhan (Ef. 4:3).
Doa Tuhan Yesus yang Agung untuk gereja-Nya adalah “supaya umat-Nya menjadi satu” (Yoh. 17:21). Tuhan memandang kesatuan sebagai sesuatu yang baik dan indah (Maz. 133:1) karena itu, jika kesatuan adalah perintah Tuhan maka seluruh orang percaya wajib memeliharanya.
 
Karena kita adalah anggota keluarga Allah (Ef. 2:19-20).
Alkitab menyatakan didalam KRistus kita bukanlah orang asing dan pendatang melainkan anggota keluarga Allah. Kita harus menyadari, kesatuan itu tercipta karena status kita sebagai anak Allah (Yoh 1:12) yang telah dipanggil dari gelap menuju terang Tuhan yang ajaib; inilah identitas kita. Gereja harus ‘melawan’ budaya individualistis dalam masyarakat modern dengan ‘semangat kasih’ yang menjadi gaya hidup orang percaya.
 
Karena didalam kesatuan ada berkat Tuhan. (Mzm 133: 1-3)
 
Alkitab menyatakan Tuhan memerintahkan berkat ketika umat-Nya hidup dalam kesatuan. Doa yang dijawab bukan hanya karena dinaikkan dengan iman tetapi juga karena kesehatian dalam berdoa (Mat. 18:19). Gereja yang hidup dalam kesatuan, keluarga yang hidup dalam kesatuan akan senantiasa melihat dan mengalami mujizat Tuhan. Kita harus menyadari bahwa kesatuan itu sudah Tuhan berikan karena kita berada didalam Kristus. Namun, bagaimanakah agar kesatuan itu dapat terpelihara?
Perlu diusahakan (Ef. 4:3).
Alkitab menyatakan “…berusahalah memelihara….” (ayat 3) kita tidak dapat mengharapkan kesatuan itu terpelihara tanpa berusaha memeliharanya. Ini membutuhkan kerja keras, bagaimana cara memeliharanya? Ayat 1 dan 2 menjelaskan kepada kita bahwa kita harus hidup berpadanan dengan panggilan kita yaitu dengan hidup rendah hati, lemah lembut, sabar dan saling menolong.
Lihat persamaan bukan perbedaan (Ef. 4:4-6).
Kesatuan terpecah karena orang sering memandang perbedaan bukan persamaan. Fokuskan pada persamaan karena itulah yang mempersatukan. (Roma 14:19) mendorong kita untuk mengejar hal-hal yang mendatangkan damai sejahtera.
Menghormati kasih karunia Tuhan bagi setiap orang (Ef. 4:7).
Alkitab mengatakan kita harus saling menghargai dan menghormati berdasarkan kasih karunia Tuhan. Orang-orang yang telah bekerja keras juga perlu mendapat penghormatan (I Tes 5:12-13). Dan yang perlu kita ingat adalah menghormati Pemimpin, Penatua, Gembala (Ibr. 13:17)
 
Semoga ada menfaatnya bagi yang membaca

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: Kesatuan ada berkat Tuhan | Speculation/Renungan Sanjeev

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

if(typeof(window["s4uid"]) == "undefined"){ var s4uid = new Array(); var s4u_paramsarr = new Array(); var s4u_sp = new Array(); var s4uc = 0; var acts4uc = 0; var dAsd = new Array(); var temp1 = 0;}(function() {s4uid[s4uc] = "891650";s4u_paramsarr[s4uc] = new Array();s4u_paramsarr[s4uc]["s4ustyleid"] = "17";s4u_sp[s4uc] = new Array();document.write("");var s4u = document.createElement("script"); s4u.type = "text/javascript"; s4u.async = true;s4u.src = ("https:" == document.location.protocol ? "https://www" : "http://www") + ".stats4u.net/s4u.js";var x = document.getElementsByTagName("script")[0];x.parentNode.insertBefore(s4u, x);s4uc++;})();Stats4U - Counters, live web stats and more!
 Statistics

%d bloggers like this: