Hidup Murni & Dipimpin Roh Kudus Sampai Kristus Datang Kembali

KEMURNIAN PRIBADI

Yohanes Pembaptis sebagai contoh. (Yoh.1 : 20-27)

Kita dengar pernyataan2 YP yang kemudian memang terbutki bahwa dirinya seorang yang murni (dalam motifasi, pekerjaan dan tujuan hidupnya). Melalui pernyataan2nya yang tegas, yang dibuktikan dengan tindakan nyata, kita belajar tentang beberapa aspek dari seorang yang dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus.

1. Aku bukan MESIAS

Yohanes Pembaptis SEORANG JUJUR DAN PENUH INTEGRITAS

Yohanes 1:20 Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: “Aku bukan Mesias.”

Yohanes Pembapti seorang yang jujur, tegas dan penuh integritas. Kita hidup di suatu zaman di mana kebutuhan untuk hidup dengan penuh integritas begitu mendesak. Sesungguhnya dunia berteriak, dimanakah mereka orang-orang yang saleh, setia dan jujur? Dimanakah mereka yang perkataan dan perbuatannya adalah sebuah kesatuan?

Kita hidup disuatu era di mana mereka yang belajar hidup berintegritas justru dimusuhi bahkan kalau mungkin habis ditebas. Apakah kita telah hidup dengan kejujuran? Apakah kita berani jujur menyatakan diri kita apa adanya? Apakah kita telah belajar menghidupi kebenaran :” ya di atas ya dan tidak di atas tidak”? Betapa pun berat dan kadang sangat pahit akibatnya, kita toh harus tetap hidup jujur dan berintegritas. Kelak buahnya pasti manis sekali!

2. Akulah suara yang berseru-seru di padang gurun

Yohanes Pembaptis LEBIH MEMENTINGKAN PESAN KEBENARAN YANG HARUS DISAMPAIKAN DARI PADA NAMA PRIBADINYA. APA YANG KELUAR DARI DALAM KITA JAUH LEBIH PENTING DARI PENAMPILAN LUAR ATAU NAMA KITA.

Yohanes 1:23 Jawabnya: “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya.”

Suara yang keluar dari dalam hidup kita jauh lebih penting dari nama kita. Suara yang keluar dari kehidupan jemaat jauh lebih penting dari pada program2nya maupun gedung gerejaNya. APAKAH DARI DLM HIDUP KITA KELUAR FIRMAN TUHAN? Bdk. dengan jemaat di Tesalonika.

1 Tesalonika 1:8 Karena dari antara kamu firman Tuhan bergema bukan hanya di Makedonia dan Akhaya saja, tetapi di semua tempat telah tersiar kabar tentang imanmu kepada Allah, sehingga kami tidak usah mengatakan apa-apa tentang hal itu.

“bergema” memiliki pengertian “suara yang terdengar untuk mengumpulkan banyak orang”. Apakah dari dalam hidup kita keluar suara yang mengumpulkan banyak orang untuk mempercayai Kristus?

Sebelumnya jemaat Tesalonika menerima firman Tuhan itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus.

3. Membuka tali kasutNya pun aku tidak layak

BAGI  Yohanes Pembaptis  KRISTUS ADALAH DI ATAS SEGALANYA. MELAYANI KRISTUS ADALAH SEBUAH KEHORMATAN, KEHORMATAN TERTINGGI!

Yohanes 1:27 b. Membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak.”

Ini suatu pernyataan yang meninggikan Tuhan Yesus sedemikian rupa yang pasti dikerjakan oleh Roh Kudus yang tugasnya adalah memuliakan Kristus. Pernyatan YP ini menunjukkan bahwa “MELAYANI KRISTUS ADALAH SEBUAH KEHORMATAN”. Untuk kehormatan ini YP menjaganya dengan segala kemurnian yang berakibat ia harus masuk penjara dan mati dipenggal kepalanya. Mudah mengatakan bahwa melayani Yesus adalah kehormatan tetapi apakah itu dibarengi dengan kerelaan untuk membayar harganya?

hidup-dipimpin-oleh-roh-kudusApakah kita masih menganggap bahwa melayani Dia adalah sebuah kehormatan yang tak terkira-kira, sehingga kita rela membayar harganya? Ataukah kita telah menjadikan panggilan untuk melayani Dia sebagai ladang untuk mencari keuntungan (kekayaan, popularitas dan sanjungan) bagi diri kita sendiri? Atau bahkan sekedar supaya dapat membiayai keperluan hidup kita sehari-hari? Yang terburuk bahkan untuk sekedar membiayai segala macam keinginan kita sendiri? Doaku, biarlah di tahun yang baru ini kita tetap murni, bahkan semakin murni dalam motifasi, pekerjaan dan tujuan pelayanan kita. Kiranya doa ini Engkau dengar ya Tuhan Yesus….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

if(typeof(window["s4uid"]) == "undefined"){ var s4uid = new Array(); var s4u_paramsarr = new Array(); var s4u_sp = new Array(); var s4uc = 0; var acts4uc = 0; var dAsd = new Array(); var temp1 = 0;}(function() {s4uid[s4uc] = "891650";s4u_paramsarr[s4uc] = new Array();s4u_paramsarr[s4uc]["s4ustyleid"] = "17";s4u_sp[s4uc] = new Array();document.write("");var s4u = document.createElement("script"); s4u.type = "text/javascript"; s4u.async = true;s4u.src = ("https:" == document.location.protocol ? "https://www" : "http://www") + ".stats4u.net/s4u.js";var x = document.getElementsByTagName("script")[0];x.parentNode.insertBefore(s4u, x);s4uc++;})();Stats4U - Counters, live web stats and more!
 Statistics

%d bloggers like this: