Kuasa Doa:”Kamu yang harus memberi makan kepada mereka”.‏

the-beloved-son-pic20Renungan singkat Kuasa Doa hari ini diambil dari Injil Markus 6:34-44, dengan thema:”Kamu yang harus memberi makan kepada mereka”. Thema ini diangkat dari kisah Yesus yang mengajar kepada orang banyak. Ketika itu hari sudah mulai gelap, dan karena belas kasih Yesus, maka mereka harus diberi makan. Namun para murid-Nya masih ragu bagaimana memberi makan kepada begitu banyak orang. Suatu yang mustahil dengan pernyataan:”Bagaimana itu mungkin?”. Yesus pun harus sabar menghadapi para murid-Nya. Yesus menanyakan ada makanan apa. Para murid menjawab :”Ada 5 roti dan 2 ikan”. Kemudian Yesus meminta kepada pendengar-Nya untuk duduk berkelompok-kelompok. Setelah itu Yesus berdoa, mengucap berkat dan kemudian membagi-bagikan roti dan ikan kepada orang banyak. Mereka mendapatkan roti dan ikan sampai kenyang. Orang yang jumlahnya sekitar 5000 orang tercukupi dan bahkan sisa 12 bakul yang berasal dari 5 roti dan 2 ikan. Inilah perbuatan Tuhan yang ajaib dari karya Yesus. Para murid menyaksikan Guru-nya telah membuat mukjizat yang luar biasa melalui tangan-tangan mereka. Akhirnya mereka semakin yakin bahwa Yesus adalah roti hidup yang turun dari surga, yang mampu mengenyangkan orang banyak baik secara jasmani mau pun rohani.

lima roti dan dua ikan Bagaimana kita menanggapi perikopa Injil Markus hari ini? Yesus hari ini telah membuat mukjizat besar di hadapan orang banyak, tidak hanya melalui sabda-Nya yang penuh kuasa, tetapi Yesus juga memberi santapan jasmani kepada mereka. Dengan kata lain, Yesus juga memberikan segala sesuatu yang kita butuhkan baik jasmani mau pun rohani. Dua hal tadi telah digambarkan secara jelas.

Sebenarnya kita sebagai murid Yesus kita diajak untuk terlibat dalam karya Yesus untuk mewartakaan khabar sukacita itu kepada orang banyak. Terkadang kita merasa tidak mampu untuk membantu orang lain karena keterbatasan kita, tetapi kalau kita sungguh-sungguh mau terlibat dalam karya Tuhan, ternyata Tuhan itu juga tidak akan tinggal diam. Dia akan memampukan kita melakukan segala sesuatu bagi kebahagiaan orang banyak.

“Kamu yang harus memberi makan kepada mereka” sebagaimana thema hari ini, dimaksudkan pula bahwa kita juga harus mewartakan khabar Kerajaan Allah untuk banyak orang. Ini adalah perintah Yesus kepada kita. Tentu saja cara pewartaan itu sangat berbeda dengan kondisi waktu itu. Di era moderen ini, pewartaan tentang khabar gembira Kerajaan Surga dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain dengan memberikan keteladanan hidup sesuai dengan nilai-nilai Kristiani, atau melalui jejaring sosial yang sekarang ini banyak dilakukan. Jika kita amati dewasa ini pewartaan khabar sukacita bersliweran di dunia maya, yang tak terhitung banyaknya. Sarana ini cukup efektif bagi pewartaan, dan banyak orang dapat melakukannya. Oleh karena itu, dengan cara ini, kita juga memberikan makan rohani kepada orang banyak.

Pesan iman dan moral dari perikopa ini antara lain bahwa Yesus dengan belas kasih-Nya memberi makanan jasmani dan rohani. Selain itu, Yesus meminta kepada kita menjadi kepanjangan tangan untuk mewartakan khabar keselamatan bagi banyak orang (sesama).

Bagaimana dengan diri kita? Apakah kita sudah siap menjadi kepanjangan Tuhan? Anda sendiri yang menjawabnya.

Demikianlah renungan singkat Kuasa Doa hari ini, Tuhan memberkati.-***

Doa,

Bapa di surga yang kekal dan kuasa, jadikanlah diriku sebagai kepanjangan tangan-Mu dengan memberi makanan rohani bagi banyak orang. Curahkan Roh-Mu yang kudus ke dalam hatiku, agar aku makin dimampukan mewartakan Injil Kerajaan Tuhan melalui Yesus Kristus, Tuhan, dan Pengantaraku, amin.

Tuhan Yesus Memberkati Yang Membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

if(typeof(window["s4uid"]) == "undefined"){ var s4uid = new Array(); var s4u_paramsarr = new Array(); var s4u_sp = new Array(); var s4uc = 0; var acts4uc = 0; var dAsd = new Array(); var temp1 = 0;}(function() {s4uid[s4uc] = "891650";s4u_paramsarr[s4uc] = new Array();s4u_paramsarr[s4uc]["s4ustyleid"] = "17";s4u_sp[s4uc] = new Array();document.write("");var s4u = document.createElement("script"); s4u.type = "text/javascript"; s4u.async = true;s4u.src = ("https:" == document.location.protocol ? "https://www" : "http://www") + ".stats4u.net/s4u.js";var x = document.getElementsByTagName("script")[0];x.parentNode.insertBefore(s4u, x);s4uc++;})();Stats4U - Counters, live web stats and more!
 Statistics

%d bloggers like this: